Friday 3 April 2015

Fakta menarik seputar MotoGP


Berikut fakta menarik seputar MotoGP yang mungkin belum kamu ketahui:

Fakta #1
Dua bagian otak pembalap yang berkembang dengan baik adalah bagian visual korteks (bagian yang menafsirkan informasi seperti persepsi gerak dan jarak), dan otak kecil (bagian yang vital untuk koordinasi, keseimbangan dan presisi).
 
Fakta #2
Pembalap bisa menyelesaikan satu lap tanpa mengedipkan mata.

Fakta #3
Rata-rata tinggi pembalap MotoGP musim 2014 ini adalah 170 cm. Semakin pendek pembalap, semakin ringan bobotnya dan semakin cepat dia membalap. Dani Pedrosa adalah pembalap terpendek musim ini, dengan tinggi 157cm.

Fakta #4
Detak jantung pembalap saat balapan bisa mencapai 190 detak/menit, padahal rata-rata detak jantung orang normal sekitar 70 detak/menit. Valentino Rossi dikenal sebagai pembalap yang bisa mengontrol detak jatungnya bisa tetap dibawah 100 detak/menit.

Fakta #5
Pembalap MotoGP bisa kehilangan sampai 2kg cairan tubuh saat balapan dalam temperatur terpanas. Dehidrasi bisa menyebabkan respon jadi lambat, ling-lung sehingga baju balap dan helm dirancang memiliki sistem ventilasi agar pembalap tidak cepat kehilangan cairan tubuh. Baju balap juga dirancang agar bisa membawa botol minuman yang disambungkan ke helm agar bisa diminum saat balapan.

Fakta #6
Baju balap terbuat dari kulit kanguru. Kenapa bukan kulit sapi? Ternyata kulit kanguru lebih ringan, fleksibel dan lebih kuat dibanding kulit sapi.

Fakta #7
Angka kecelakaan sepanjang satu musim balap MotoGP bisa mencapai 500 kali. Cedera yang paling sering dialami pembalap adalah patah atau dislokasi tulang selangka.

Fakta #8
Melaju dalam kecepatan tinggi membuat pembalap MotoGP bisa menanggung tekanan hingga 1,2G saat belokan.  

Fakta #9
Pembalap rata-rata menempuh jarak 112-120km. Namun, jika ditambah dengan latihan dan sesi kualifikasi, pembalap bisa menempuh hingga 350km. Itu berarti sekitar 6440km setahun!

Fakta #10
Pembalap MotoGP terkaya adalah Valentino Rossi dengan kekayaan total 28 juta poundsterling menurut daftar Atlet Dengan Pendapatan Tertinggi yang dikeluarkan oleh Forbes pada 2013.

Source : fdtire

4 comments: